Badai Laura Hantam Lousiana AS, Akibatkan Kerusakan Berat dan Banjir

123berita.com – Badai Laura, salah satu topan terkuat menghantam pesisir Amerika Serikat. Akibatnya terjadi kerusakan besar, banjir, dan putusnya aliran listrik di sekitar setengah juta rumah di Louisiana.

Topan ini adalah badai terparah yang pernah menghantam pesisir Teluk AS dengan kategori empat, kekuatan angin mencapai 240 km per jam. Kekuatan Badai Laura belum mencapai tingkat mengancam jiwa, namun bisa masuk ke daratan sekira 65 kilometer.

Baca Juga:  Terkubur 1100 Tahun, Ratusan Koin Emas Misterius Era Kekhalifahan Abbasiyah Ditemukan

Melansir BBC News, Gubernur Negara Bagian Louisiana, John Bel Edwards, mengatakan dalam kondisi sekira dua jam Badai Laura telah memberikan kerusakan berarti.

“Bisa dilihat kerusakan bangunan akibat angin dan kerusakan akibat banjir lebih sedikit dari yang kita antisipasi,” ujarnya, Kamis (27/08/2020).

Badai Laura melanda daerah itu setelah tengah malam waktu setempat atau sekira Kamis pukul 12.00 WIB di dekat daerah Cameron di Lousiana.

Baca Juga:  Geger Boneka Annabelle Menghilang dari Museum, Ini Faktanya

Empat jam kemudian, angin topan ini menjadi kategori tiga, menurut lembaga cuaca, National Weather Service (NWS). Angin kemudian semakin melemah menjadi kategori dua dengan kecepatan 160 kilometer per jam pada sekira pukul 19:00 WIB.

Namun, NWS menyatakan bencana besar dengan angin kencang dan banjir bandang akan terus berlanjut. Pada Kamis sore waktu setempat, menurut Direktur Badan Topan Nasional, Natiunal Hurricane Centre, Ken Graham, Badai Laura akan mengarah ke Utara menuju Arkansas.

Baca Juga:  Kasus Corona di AS Belum Usai, Kini Dikejutkan dengan Wabah Baru Bernama Salmonella

Kantor pejabat daerah di Vermilion Parish, Lousiana mengatakan warga yang tak ingin mengungsi harus menulis nama, alamat dan siapa saja saudara mereka di dalam dompet masing-masing.

“Kita berdoa supaya tidak sampai terjadi apa-apa.”

author
Journalist & Content Writer