Abu Vulkanik Gunung Sinabung Diprediksi Masuk ke Kota Kota Malaysia

123Berita.com – Virus corona belum usai, kini Indonesia dilanda bencana alam khususnya di Pulau Sumatera bagian Utara. Gunung Sinabung, gunung aktif ini baru saja meletus pada hari Senin, 10 Agustus 2020 pukul 11.37 dan menghasilkan abu yang pekat.

Gunung Sinabung mulai mengeluarkan abu vulkanik mulai hari Sabtu Sore
Gunung Sinabung mulai mengeluarkan abu vulkanik mulai hari Sabtu Sore

Kantor Meteorologi Malaysia Kementerian Alam Sekitar dan Air memprediksi jika abu vulkanik akan masuk kawasan udara kota-kota Malaysia.

Baca Juga:  Astaga! Sabu 6,5 Kilogram Diselundupkan dalam Kotak Minuman

“Asap debu gunung berapi tersebut diperkirakan memasuki ruang udara negara di utara Selat Malaka dan negeri-negeri di utara serta timur Semenanjung Malaysia,” ujarnya pada hari Senin kemarin.

Negara-negara bagian (negeri) yang terdampak adalah Perak, Kedah, Perlis, Pulau Pinang, Kelantan, Terengganu dan Pahang.

Mereka juga memperkirakan asap debu gunung Sinabung akan memasuki Malaysia Senin malam dan berdampak pada operasi penerbangan pada jarak 1.500 hingga 5.000 meter.

Baca Juga:  Diguncang Gempa M6.6, Bengkulu Berada pada Risiko Bahaya Sedang hingga Tinggi

Siaran pers tersebut menyebutkan berdasarkan pada model trajektori hysplit dari Kantor Meteorologi Malaysia dan ramalan Pusat Peringatan Debu Gunung Berapi Daerah (VAAC) Darwin Australia masyarakat tidak perlu bimbang karena tidak akan berdampak ke kualitas udara di Malaysia.

Mereka juga menyebutkan jika tidak ada gempa bumi dan tsunami dari letusan Gunung Sinabung ini.

Baca Juga:  Jadi Destinasi Wisata Superprioritas, Borobudur bakal Punya Area Concourse dan Plaza

Dengan letusan yang terjadi kemarin, masyarakat khususnya yang tinggal dekat dengan lereng gunung ini mulai berbondong-bondong menjauh dan meninggalkan tempat tinggalnya hingga kondisi kondusif.

author