8 Tips Menjawab dan Menghadapi Pertanyaan Dalam Interview Kerja Dengan Mudah BAGI PEMULA !

123Berita.com – 8 Tips Menjawab dan Menghadapi Pertanyaan Dalam Interview Kerja Dengan Mudah BAGI PEMULA !

Salah satu tujuan kita dalam menempuh pendidikan adalah untuk berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun, tahukah anda jika Perusahaan tidak mau rugi ketika menerima anda walaupun anda memiliki riwayat pendidikan ataupun organisasi yang banyak serta ilmu yang mumpuni. Pasti aka nada sesi wawancara perusahaan yang diwakili pihak HRD (Human Resource Development).

BACA JUGA : Siapa Minat? Lowongan Kerja Terbaru Bank Indonesia, Dicari Tenaga Ahli Program Sosial

Dalam tahap ini HRD akan memberikan sejumlah prosedur atau tahapan kepada para pelamar kerja. Prosedur yang salah satunya berupa tes dan wawancara ini dilakukan agar perusahaan tak salah merekrut atau memilih orang untuk dijadikan pegawai.

Secara Umum seorang pelamar kerja akan mendapatkan sejumlah pertanyaan dari pihak HRD yang harus dijawab dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter dan pola kerja anda. Selain itu, ketika anda melakukan wawancara penting bagi anda untuk memahami dengan baik beberapa pertanyaan yang sering dimunculkan oleh para pewawancara dari pihak HRD ini.

Baca Juga:  Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Peralatan Dapur

BACA JUGA : Lowongan Kerja 2020: Operator Mesin Frais di PT. Everbright (ABC)

Lalu apa saja pertanyaan yang seringkali diajukan oleh pewawancara ini? Berikut ulasannya.

8 Tips Menjawab dan Menghadapi Pertanyaan HRD Dalam Interview Kerja (FRESH GRADUATE & PEMULA)

  1. Jelaskan Singkat Mengenai Diri Anda?

Tujuan si pewawancara dalam hal ini adalah untuk mengetahui berapa lama pengalaman Anda, jenis perusahaan, dan hal yang pernah dikerjakan di perusahaan lama. Jangan lupa juga untuk bisa menghubungkan pekerjaan Anda di perusahaan lama Anda dengan passion atau kesukaan dan hobi yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Dari jawaban ini, HRD biasanya akan mampu mengetahui pengetahuan Anda, watak kepribadian dan kemampuan Anda. Hal terpenting dalam hal ini adalah jelaskan secara padat dan menarik. Intinya jangan berbelit-belit alias To The Point.

  1. Mengapa Anda meninggalkan/berniat meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?

Mungkin ini adalah jenis pertanyaaan yang membingungkan, namun dalam hal ini Anda harus menjawab pertanyaan tersebut dengan nada yang mantap, tanpa keraguan dan yang paling penting tanpa kebohongan. Jika dalam kasus ini anda merasa perusahaan yang anda dulu tidak menghargai kerja anda.

Baca Juga:  4 Strategi Marketing Ampuh dan Cara Melakukannya

Katakanlah demikian, namun perlu digaris jangan memojokkan satu pihak dengan menyalahkan mereka dan seolah-olah Anda yang paling benar.  

  1. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Jika anda mendapat pertanyaan demikian, jawablah dengan bijak dan logis. Jika anda tertarik dengan gaji, kaitkan dengan anda yang ingin membangun masa depan yang baik.

  1. Kenapa kami harus mempekerjakan Anda?

Hati-hati ini adalah jenis pertanyaan yang menjebak. Janganlah melebih-lebihkan skill dan kemampuan anda. Merendah hatilah dan katakan apa adanya. Jangan sampai dalam sesi pertanyaan ini anda malah dicoret dari daftar pekerja yang diterima.

  1. Apa keunggulan Anda?

Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini pada sesi interview. Jawablah dengan kelebihan yang benar-benar anda miliki dan sesuai dengan pekerjaan yang akan anda lakoni. Jangan lupa kelebihan anda dalam suatu Softskill.

  1. Apa kelemahan terbesar Anda?
Baca Juga:  4 Strategi Marketing Ampuh dan Cara Melakukannya

Setelah keunggulan, biasanya HRD kemudian akan menanyakan kekurangan. Carilah suatu kekurangan dalam diri anda yang mana kekurangan tersebut dapat menjadikan kelebihan anda.

  1. Apa yang Anda ketahui dari perusahaan ini?

Kenalilah perusahaan yang akan anda lamar. Karena dalam pertanyaan ini anda akan diuji tentang keseriusan anda untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Anda dapat mencari informasi mengenai profil, tempat, bagian dan struktur perusahaan yang akan anda lamar.

  1. Apakah Anda ada pertanyaan untuk saya?

Pertanyaan ini biasanya akan berada pada sesi terakhir. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah menyesuaikan dengan keadaan sebelumnya.

Jika anda tidak memiliki pertanyaan katakanlah tidak. Namun, jika anda memiliki pertanyaan itu akan menjadi suatu nilai positif untuk diri anda.

Karena dengan begitu akan menunjukkan tingkat keseriusan kalian dalam bekerja dalam perusahaan tersebut. jangan langsung tanyakan gaji, tanyakan terlebih dahulu masalah tugas anda atau budaya kerja pada perusahaan tersebut.

Nah itulah tips dalam menjawab 8 pertanyaan dasar dalam interview, Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

author