Investasi Yang Sangat Tepat di Tengah Pandemi Covid-19, Apakah Itu ?

123Berta.com, Investasi Yang Sangat Tepat di Tengah Pandemi Covid-19, Apakah Itu ? – Dunia sedang digemparkan dengan satu virus mematikan yang muncul pada akhir tahun 2019 lalu yakni corona. Virus yang satu ini awalnya terjadi di kota Wuhan, China, tapi seiring berjalannya waktu, corona menyebar luas hampir ke seluruh dunia. Hingga detik ini, yang positif terkena corona mencapai 2,9 juta jiwa dan negara terbanyak terjangkit virus ini yakni Amerika Serikat.

Virus ini sendiri belum diketahui apa penyebabnya, banyak pakar yang mengatakan jika virus ini berasal dari hewan kelelawar tapi itu belum terbukti benar. Selain belum diketahui penyebabnya, untuk vaksinnya pun hingga saat ini juga belum diketahui.

Covid-19 berdampak besar pada perekonomian Indonesia, bukan hanya Indonesia saja, tetapi Dunia. Di waktu seperti ini banyak sekali perusahaan yang memberlakukan WFH atau Work From Home kepada karyawannya, selain WFH, tak sedikit pula perusahaan yang harus memPHK karyawannya demi menstabilkan neraca keuangan perusahaannya. Mungkin bagi teman-teman yang saat ini baru terkena PHK dan paling tidak memiliki modal untuk melakukan investasi, berikut ini beberapa investasi yang cocok selama pandemi corona berlangsung.

Baca Juga: Strategi Investasi Selama Pandemi Corona

5 Investasi Yang Cocok diTengah Pandemi Covid-19

  • Investasi SUN (Surat Utang Negara)

SUN atau yang biasa kita kenal dengan Surat Utang Negara merupakan instrumen investasi yang dikeluarkan negara kepada Warga Negara Indonesia (WNI). Surat Utang Negara juga memiliki nama lain yakni Surat Berharga Negara (SBN)

Di saat pandemi Covid-19 seperti ini, SUN merupakan salah satu investasi yang sangat tepat dipilih mengingat investasi ini sangat dijamin oleh negara. Dengan dijaminnya investasi ini oleh negara, teman-teman tidak perlu khawatir mengalami kerugian, seperti duit hilang atau gagal bayar.

  • Investasi Emas

Investasi kedua yang sangat cocok untuk teman-teman lakukan ditengah pandemi yakni logam mulia. Bukan tanpa alasan, para milenial bahkan boomers masih setia berinvestasi dalam wujud emas. Emas disini tidak hanya berwujud dalam perhiasan, tapi juga logam mulia atau emas batangan.

Berinvestasi emas memiliki resiko kerugian yang kecil tetapi memiliki keuntungan yang besar, caranya pun juga tidak sulit, cukup teman-teman menerapkan sistem jual-beli. Beli saat memiliki cukup uang, lalu jual saat tengah dibutuhkan atau saat harganya naik, begitulah kira-kira berinvestasi dalam bentuk emas.

  • Investasi Properti (Rumah)

Investasi ketiga yang bisa menjadi referensi teman-teman ditengah pandemi corona yakni properti. Kenapa saya menyarankan properti ? Properti seperti rumah salah satu aset jangka panjang yang memiliki harga tinggi, jadi teman-teman ketika sedang membutuhkan uang bisa menjual properti tersebut dengan harga yang tinggi.

  • Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Yang keempat adalah reksa dana pasar uang. Pasar modal saat ini tengah melemah dan sedang berjuang melawan Virus Corona. IHSG yang merupakan indeks acuan utama di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menerus tertekan, demikian pula dengan kinerja investasi reksa dana.

Pembelian properti ini bukan semerta-merta langsung dijadikan hunian, tetapi dijadikan investasi terutama bagi kaum milenial yang sudah memiliki cukup uang. Perihal dijadikan tempat tinggal yang nantinya akan ditempati bersama keluarga atau menjadikan tambahan keuangan dengan menyewakan rumah tersebut kepada orang lain, lumayan bisa menjadi pemasukan dikala kondisi seperti ini.

Salah satu lembaga riset yakni Infovesta mencatatkan bahwa kinerja reksa dana dalam negeri mayoritas negatif sejak pandemi corona masuk ke Indonesia. Dengan kondisi yang seperti ini langsung berdampak pada pasar modal dalam negeri, bukan hanya dalam negeri, luar negeri pun juga berdampak.

Reksa dana saham dan reksa dana campuran bukanlah investasi yang tepat dalam kondisi seperti ini, hal ini dikarenakan kinerja reksa dana tersebut sedang merosot dan semakin hari semakin melemah. Untuk di kondisi seperti ini reksa dana pasar uang cenderung positif dan stabil sejak pandemi ini, jadi banyak orang yang lebih condong menginvestasikan ke reksa dana pasar uang.

Terhitung sejak awal tahun 2020 (Januari hingga Maret), reksa dana pasar uang memberikan hasil secara konsisten sebesar 1,29%, oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali teman-teman untuk mengalokasikan dana investasi ke instrumen investasi ini sebanyak 30%. Toh, sudah ada pembuktian bahwa reksa dana pasar uang termasuk jenis investasi yang aman karena kinerjanya yang stabil.

  • Investasi dalam Bentuk Website

Yang kelima atau yang terakhir yakni investasi dalam bentuk website. Ditengah pandemi ini, website masih menjadi salah satu investasi yang cukup baik, untuk membuat website pun bukanlah perkara sulit cukup sediakan domain dan hosting, untuk hosting sendiri, sebaiknya teman-teman memperhatikan terlebih dahulu bagaimana hostingnya, dimana servernya, dan berapa space nya. Untuk masalah hosting, teman-teman bisa kunjungi Tips Memilih Hosting Yang Baik dengan klik link tersebut.

Setelah teman-teman berhasil membuat website, jangan lupa untuk sering update berupa konten, gambar ataupun video untuk mendapatkan visitor yang banyak.

Kesimpulan Berinvestasi diTengah Pandemi Corona

Untuk kesimpulan, investasi dalam bentuk apapun sangat dianjurkan, tapi untuk kondisi sekarang, berinvestasilah kelima hal tersebut.

author