3 Fakta Adi Kurdi, Pemeran Abah Keluarga Cemara yang Meninggal Dunia

123berita.com – Panggung perfilman Tanah Air kembali kehilangan salah satu talentanya. Adi Kurdi, aktor senior pemeran tokoh Abah dalam sinetron Keluarga Cemara meninggal dunia, Jumat (08/05/2020). Berikut tiga fakta tentang sosok Adi Kurdi.

1. Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah menjadi film terakhir Adi Kurdi
Melansir Kompas.com, Adi Kurdi meninggal Jumat siang di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta Timur. Padahal, film teranyarnya berjudul “Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah” dijadwalkan tayang di bioskop pada 16 April lalu alias belum genap satu bulan dari sekarang.

Dalam film terakhir yang juga dibintangi para pemeran sinetron Keluarga Cemara dulu, Adi kembali memerankan tokoh Abah. Namun, perannya kali ini sedikit berbeda dari tokoh Abah di Keluarga Cemara.

Baca Juga:  Tayangan Seru Sepanjang September di Saluran dan Aplikasi WarnerMedia

Jika Abah yang dulu bekerja sebagai tukang becak dengan kondisi kesehatan masih cukup prima, dalam film ini Abah sudah berusia cukup tua dan telah kehilangan penglihatannya. Alhasil, kemana pun ia pergi, Abah selalu mengenakan tongkat untuk membantu aktivitas sehari-harinya.

Saat film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah siap ditayangkan di bioskop, Adi Kurdi justru berpulang. Melansir Wartakotalive.com, Adi Kurdi mengembuskan napas terakhirnya di RS Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (08/05/2020) pukul 11.31 WIB.

2. Adi Kurdi mengidap sakit stroke dan tumor
Selain stroke, Adi Kurdi meninggal dunia karena menderita sakit tumor hingga adanya penyumbatan pada otak.

Produser Eksekutif film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah, Anas Syahrul Alimi kali terakhir berkomunikasi dengan keluarga Adi Kurdi, Rabu (06/05/2020).

Baca Juga:  Nikahi Nella Kharisma, Dory Harsa Pindah Agama?

“Saat itu saya video call, tapi Abah (sapaan akrab Adi Kurdi) sudah nggak merespons lagi, tapi ingin melihat saya, meski tidak bisa,” kata dia.

Anas Syahrul Alimi, si empunya Alimi Pictures yang mengerjakan film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah sudah mengetahui kondisi kesehatan Adi Kurdi semakin menurun sejak sepekan lalu.

“Abah sempat pulang (dari rumah sakit) karena sudah baik, namun tiga hari yang lalu Abah masuk rumah sakit lagi karena kesehatannya kembali menurun,” ujarnya.

Walau sering berkomunikasi, terutama bersama keluarga Adi Kurdi, Anas Syahrul Alimi terakhir bersua dengan Adi Kurdi hampir setahun lalu. Pertemuan terakhir itu terjadi sesaat setelah syuting film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah selesai dilakukan.

Baca Juga:  We The Fest Gelar Festival Musik Virtual Gratis, Ini Link-nya

Ketika poster film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah diluncurkan di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, 4 Maret 2020, Anas Syahrul Alimi tidak bertemu Adi Kurdi. Kala itu Adi Kurdi minta izin tidak datang karena sudah merasakan sakit.

3. Adi Kurdi sosok sederhana dan rendah hati
Anas Syahrul Alimi menyatakan Abah alias Adi Kurdi adalah sosok sederhana, rendah hati, dan apa adanya. Bicara apa adanya, tidak ada yang ditutupi.

“Ngomongnya Abah itu ya seperti ngomongnya ayah ke anak,” ujar Anas Syahrul Alimi.

Saat ini jenazah Adi Kurdi berada di rumah duka untuk disemayamkan, sebelum dimakamkan di Bengkel Teater Rendra, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Sabtu (09/05/2020).

author
Journalist & Content Writer