2 Jam Diguyur Hujan, 350 Rumah Warga Toli-Toli Terendam Banjir

TOLI-TOLI, 123berita.com – Sedikitnya 350 rumah warga terendam akibat banjir bandang melanda dua kecamatan di Kabupaten Toli-Toli, Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis (15/10/2020), pukul 17.30 WITA. Akibatnya 350 kepala keluarga (KK) mengungsi ke tempat lebih tinggi atau lokasi aman.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, menjelaskan banjir diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi selama dua jam. Banjir merendam pemukiman warga di Desa Silondou, Kecamatan Basindondo dan Desa Janja, Kecamatan Lampasio dengan Tinggi Muka Air (TMA) berkisar antara 70 cm hingga 150 cm. Sementara desa lain yang juga kemungkinan terdampak masih dalam pendataan.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toli-Toli masih melakukan upaya untuk menjangkau lokasi kejadian dikarenakan jembatan untuk akses jalan terancam ambruk,” ungkapnya, dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id.

Menangani peristiwa ini, TRC BPBD Kabupaten Toli-Toli segera melakukan kaji cepat untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak, perbaikan jembatan darurat, dan penguatan tebing sungai. Mengoptimalkan penanganan darurat, BPBD setempat bekerja sama dengan benerapa dinas terkait.

author
Journalist & Content Writer