10 Oktober Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Maknanya

123berita.com – 10 Oktober 2020 diperingati sebagai World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia. Kali ini peringatan dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Adanya berbagai perubahan dalam segala aktivitas karena pandemi Covid-19, mau tak mau masyarakat pun perlu menyesuaikan diri. Alhasil, tak jarang kondisi tersebut memengaruhi psikologis seseorang berdampak pada kesehatan mental.

Melansir Medical News Today, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kesehatan mental merupakan kondisi mental yang tak ada gangguan atau kecacatan mental. Puncak kesehatan mental tak hanya tentang menghindari kondisi aktif, namun juga menjaga kesehatan dan kebahagiaan berkelanjutan.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (10/10/2020), kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan kognitif, perilaku, dan emosional. Hal inilah yang mengatur bagaimana cara orang berpikir, merasakan, dan berperilaku.

Selain itu, kesehatan mental juga dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, hubungan atau relasi, dan kesehatan fisik. Misalnya, orang mengalami gangguan kesehatan mental bisa stres, depresi, dan merasakan kecemasan yang dapat memengaruhi kesehatan mental serta mengganggu rutinitas seseorang.

Oleh karena itu, dengan menjaga kesehatan mental, seseorang akan lebih menikmati hidup. Ia dapat memperoleh keseimbangan antara aktivitas hidup, tanggung jawab, dan upaya mencapai ketahanan psikologis.

author
Journalist & Content Writer